Manajemen Pemeliharaan Pedet Lepas Sapih Di Breeding Center Pulukan Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar

Novitasari, Dyah Ayu (2022) Manajemen Pemeliharaan Pedet Lepas Sapih Di Breeding Center Pulukan Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (202kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN PKL Dyah Ayu Novitasari C31192346.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB)

Abstract

Praktek Kerja Lapang dilakukan untuk memenuhi syarat untuk menyelesaiakan pendidikan jenjang Diploma-III di Jurusan Peternakan. PKL dilaksanakan pada tanggal 1 September sampai 31 Desember 2021 bertempat di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar. Tujuan umum PKL adalah untuk melatih dan mengembangkan keterampilan dalam bidang peternakan, menambah wawasan yang telah didapat sebelumnya, dan menjalin relasi untuk dunia kerja dimasa depan. Kegiatan Praktek Kerja Lapang meliputi kegiatan pemeliharaan ternak, manajemen kesehatan ternak, pemberian pakan, pembibitan dan budidaya hijauan pakan ternak. Pakan merupakan faktor krusial dalam usaha penggemukan sapi potong. Produktivitas yang tinggi dapat tercapai dengan pemberian nutrisi yang baik serta manajemen yang baik (Heryanto, 2016). Pakan merupakan komponen terbesar dalam usaha peternakan yang mencapai 70% dari biaya produksi. Kualitas pakan yang diberikan juga mempengaruhi taraf keberhasilan dalam usaha tersebut. Pemberian pakan yang berkualitas harus diberikan secara konsisten. Sapi yang masih muda dalam fase pertumbuhan membutuhkan asupan protein lebih tinggi. Kebutuhan pakan sapi bali adalah hijauan 10% BB dan konsentrat 1-2% BB. Pemberian pakan di Breeding Center Pulukan diberikan pada pagi hari dan siang hari, untuk hijauan diberikan sehari dua kali dan konsentrat diberikan pagi hari sebelum diberi pakan hijauan. Manajemen pemeliharaan Pedet Lepas Sapih di Breeding Center Pulukan BPTU-HPT Denpasar meliputi pemberian pakan, pemeriksaan kesehatan, sanitasi kandang, pengobatan ternak sakit, dan pengendalian kesehatan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahniar, Theo MahisetaNIDN0717068704
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan, Pedet lepas sapih, Sapi bali
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Dyah Ayu Novitasari
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:41
Last Modified: 02 Feb 2022 07:42
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10175

Actions (login required)

View Item View Item