Analisis Usaha Keripik Tempe Buah Naga Di Desa Tambakrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Wahyuningtyas, Nila Widya (2020) Analisis Usaha Keripik Tempe Buah Naga Di Desa Tambakrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Bab1. Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. D31170115_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Tambakrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi selama 3(tiga bulan yaitu bulan Februari 2020 hingga bulan April 2020 untuk mengetahui analisis kelayakan usaha keripik tempe buah naga serta untuk menerapkan bauran pemasaran yang telah direncanakan. Keripik tempe buah naga merupakan salah satu produk baru yang berbahan dasar kedelai dan ditambahkan pewarna merah alami dari buah naga merah yang memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi kripik tempe buah naga yaitu kedelai, tepung beras, tepung tapioka, tepung maizena, buah naga merah, telur ayam, bawang putih, merica bubuk, dan garam. Pada tugas akhir ini menggunakan tiga alat analis usaha yaitu Break Event Point (BEP, Revenue Cost Ratio (R/C Ratio, Return On Investment (ROI yang mengidentifikasi dari titik impas, jumlah penerimaan dan tingkat pulangnya modal. Hasil yang diperoleh yaitu BEP (unit sebesar 20 kemasan dari kapasitas produksi 25 kemasan, BEP (harga sebesar Rp 4.909 per kemasan dari harga jual Rp 6.000 per kemasan, R/C Ratio sebesar 1,22 dan ROI sebesar 7%. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh usaha keripik tempe buah naga menguntungkan untuk diusahakan. Pemasaran keripik tempe buah naga dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen melalui promosi secara langsung dan menggunkaan media sosial berupa WhatsApp dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSutantio, R. AlamsyahNIDN0002026802
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Abd. Rahman
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:02
Last Modified: 02 Feb 2022 02:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item