Rahmansyah, Muhammad (2019) Analisa Kerusakan Komponen Final Drive Pada Wheel Loader Tipe 150-5 Di Pt United Tractors Tbk Surabaya. Other. Politeknik Negeri Jember. (Unpublished)
Text (Ringkasan)
04. H42151467_RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (171kB) |
|
Text (Bab1. Pendahuluan)
09. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (331kB) |
|
Text (Daftar Pustalka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (8kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
17. H42151467_LAPORAN LENGKAP_PKL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
“Analisa Kerusakan Komponen Final Drive Pada Wheel Loader Tipe 150-5 Di PT United Tractors Tbk Surabaya”. Muhammad Rahmansyah, NIM H42151467, Oktober 2019, 46 hlm, Program Studi Mesin Otomotif, Jurusan Teknik, Politeknik Negeri Jember, Ir. Dwi Djoko Suranto, MT (Pembimbing). Agar proses dis-assemble dan assembly berjalan dengan lacar perlatan yang digunakan harus selalu dalam kondisi baik salah satunya tools yang sangat berfungsi pada saat dis-assemble dan assembly. Pada bulan maret 2019 terjadi kerusakan pada final drive wheel loader 150-5 yang masih belum diketahui kerusakannya. Setelah dilakukannya proses overhaul di dalam workshop ditemukan beberapa komponen yang mengalami kerusakan pada final drive yaitu bearing mengalami pecah dan seal yang robek. Hal ini adalah akibat dari gesekan yang berlebihan senghingga terjadi overhead dan dikarekan kekurangan pelumas pada final drive. Setelah dilakukan pengecekan dengan menggunakan analisa diagram fishbone dengan kategori penyebabnya, material, machine, bearing, metode dan manusia. Dari hasil analisa kerusakan pada final drive, secara garis besar terdapat 5 faktor penyebab kerusakan yaitu kebocoran seal pada final drive, kualitas pelumas yang menurun, umur bearing, waktu operasi yang terus menurus dan kurangnya maintenance pada unit final drive. Dan penyebab utama dari kerusakan final drive adalah kerusakan pada seal yang mengakibatkan berkurangnya volume pelumas yang keluar pada celah-celah seal yang mengakibatkan overhead pada bearing. Rusaknya seal juga mengakibatkan kotoran masuk ke dalam final drive sehingga mengurangi kualitas pelumas.
Item Type: | Monograph (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 420 - Teknik Sipil dan Perencanaan Tata Ruang > 427 - Teknologi Alat Berat | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Abd. Rahman | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:09 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2022 02:11 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10081 |
Actions (login required)
View Item |