Korelasi Antara Tingkat Keseragaman Bobot Badan (Uniformity) Dengan Produksi Telur Pada Ayam Petelur Strain Hy-Line ( Studi Kasus Di Pt. Jatinom Indah Farm Kanigoro-Blitar)

Bawafi, Haris (2020) Korelasi Antara Tingkat Keseragaman Bobot Badan (Uniformity) Dengan Produksi Telur Pada Ayam Petelur Strain Hy-Line ( Studi Kasus Di Pt. Jatinom Indah Farm Kanigoro-Blitar). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
6. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab1. Pendahuluan)
11. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
18. C31161871_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Korelasi antara Tingkat Keseragaman Bobot Badan (Uniformity) dengan produksi telur pada Ayam Petelur Strain Hy-Line (Studi Kasus di PT. Jatinom Indah Farm Kanigoro-Blitar). Haris Bawafi 23 halaman, Peternakan Politeknik Negeri Jember, Nurkholis, S.Pt, MP (Pembimbing Utama). Peternakan ayam ras di Indonesia berkembang sangat pesat, baik ayam ras pedaging maupun ayam ras petelur menunjukkan peningkatan yang cukup besar. salah satunya adalah peternakan ayam ras petelur sebagai salah satu penyedia kebutuhan pangan berupa telur. Salah satu perusahaan peternakan ayam petelur yang ada di Indonesia adalah PT. Jatinom Indah Farm, yang berlokasi di Kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar. Peternakan ini merupakan peternakan ayam petelur dengan populasi ayam ras petelur fase starter-grower sebanyak 136.000 ekor dan ayam ras petelur fase layer sebanyak 170.000 ekor, produksi telur per hari mencapai sekitar 4 ton telur. Syarat penting untuk mendapat produksi telur yang optimal maka perlu memperhatikan beberapa faktor diantaranya bibit, pakan, dan manajemen pemeliharan. Salah satu faktor mengoptimalkan produktivitas ayam petelur adalah memperhatikan tingkat keseragaman (uniformity). Fokus utama pengamatan pada kegiatan studi kasus di PT. Jatinom Indah farm Kanigoro-Blitar adalah mengamati seberapa besar hubungan keseragaman bobot badan (uniformity) dengan produksi telur pada ayam petelur strain Hy-Line. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 01 September 2018 sampai dengan 30 November 2018 di PT. Jatinom Indah Farm. Berlokasi di Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Objek pengamatan dilakukan pada ayam petelur fase produksi umur 30 minggu dengan total populasi 1800 ekor dan yang dibuat sampel adalah sebanyak 90 ekor. Parameter yang diamati diantaranya adalah konsumsi pakan, bobot badan, keseragaman bobot badan, produksi telur ayam, dan analisis korelasi keseragaman bobot badan dengan produksi telur. Hasil dari studi kasus ini menunjukkan hubungan korelasi keseragaman bobot badan dengan produksi telur ayam layer di PT. Jatinom Indah Farm selama dua belas minggu diperoleh rerata keseragaman sebesar 88,7% dan rerata produksi telur sebesar 89,8%. Pada hasil uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,01, Terdapat hubungan positif antara keseragaman bobot badan dengan produksi telur ayam layer, dengan nilai korelasinya sebesar 0,978. tingginya nilai keseragaman bobot badan diikuti dengan tingginya nilai produksi telur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWulandari, SuciNIDN0021086704
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Abd. Rahman
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:36
Last Modified: 02 Feb 2022 02:17
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item